Catatan dari Foodphilosophy Trip

Makan apa saja dan kapan saja tanpa khawatir dengan penyakit bisa jadi merupakan impian setiap orang. Meskipun dengan makan kita akan memperoleh energi, namun ternyata ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi akan membuat kondisi kesehatan dalam kategori tidak sehat. Salah satu ancaman berbahaya bagi tubuh jika berlebihan mengonsumsi beberapa jenis makanan adalah munculnya kolesterol jahat yang akan membawa anda pada beberapa penyakit serius.

Kolesterol adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Kondisi kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius. Penyakit yang mengintai penderita kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah, seperti stroke dan serangan jantung.

Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang normal. Namun, alih-alih menjauhi makanan kesukaan yang bisa berdampak buruk untuk kesehatan, sekarang ada banyak cara untuk tetap bisa makan makanan kesukaan tanpa takut akan membuat anda kolesterol tinggi.

Setelah melihat roadmap dari foodphilosophy dan mencari tahu tentang kolesterol, saya mengerutkan dahi bingung. Makanan-makanan yang akan kami konsumsi dalam roadmap merupakan jenis-jenis makanan yang sebaiknya dihindari jika tidak ingin kadar kolesterol menjadi tinggi. Meskipun tidak memiliki riwayat kolesterol tinggi, saya tetap saja khwatir namun tetap memutuskan untuk ikut kegiatan ini.

Foodphilosphy Trip dimulai dengan registrasi peserta di Hotel Horison. Saya nyaris terlambat, karena tiba tepat saat rombongan telah berfoto. Registrasi selesai, kami diinstruksikan untuk menaiki bus dan duduk dengan tenang. WAIT, WHAT? Ada Chef Bara dengan semangat menyapa kami di barisan paling depan dan mulai menjelaskan apa yang akan kami lakukan seharian. Karena trip ini dimulai pada pagi hari maka hal pertama yang akan kami lakukan adalah sarapan pagi.

fp-6

Bus mendarat mulus di Jl. Merpati No. 23, Coto Nusantara 2. Sambil menunggu pesanan, kami dijelaskan mengenai apa yang akan kami makan dan dampaknya bagi kesehatan. Karena akan makan daging, maka kami peserta foodphilosophy dianjurkan minum suplemen kesehatan yang akan membantu mengurangi risiko kolesterol tinggi yaitu hemaviton cardio. Meskipun saya termasuk jarang mengonsumsi obat, namun setelah melihat komposisi dan bertanya kepada dokter yang ikut di kegiatan ini saya akhirnya mencoba meminumnya.

Puas sarapan, kami berlanjut ke destinasi selanjutnya yakni Warkop Phoenam yang terletak di Jl. Jampea. Warkop ini merupakan salah satu kedai kopi tertua di Makassar yang menyediakan beragam menu untuk ngopi. Selain kopi susu, di kedai kopi ini kita juga bisa memesan minuman selain kopi dan beberapa snack yang manis-manis. Eit, makan dan minum yang manis-manis tidak perlu khawatir lagi. Ada hemaviton glucare yang bisa dikonsumsi untuk membantu menjaga kadar gula darah.

fpsfp2

Benteng Rotterdam merupakan destinsi selanjutnya, kami diajak berkeliling oleh pihak Benteng untuk melihat dan belajar tentang sejarah Makassar. Lelah berkeliling kami kembali disuguhi yang manis-manis, Es pisang ijo. Sesungguhnya pisang ijo tadi baru merupakan pembuka untuk menikmati santap siang yakni makanan yang juga menjadi menu wajib jika berkunjung ke Makassar, Konro Karebosi. Konro karebosi terletak di Jl. Gunung Lompo Battang, karena kita kembali mengonsumsi daging jadi tetap konsumsi hemaviton cardio yah.

Puas bersantap siang, kami menunaikan shalat dhuhur di Masjid Al-Markaz. Setelah itu, kembali kami disuguhi penganan khas Bugis Makassar. Ada jalangkote, barongko, dan bikandoang. Semuanya tersusun rapi di meja dan siap disantap. Setelah cukup beristirahat, trip dilanjutkan. Kami berkunjung ke Anjungan Pantai Losari, ada kegiatan Makassar International Eight Festival and Forum dan Chef Bara akan melakukan demo masak. Chef Bara menunjukkan kepiawaiannya meracik Pallubasa dan Palllumara ala chef Bara.

Destinasi terakhir dari perjalanan panjang foodphilosphy hari ini adalah berkunjung ke Pulau Khayangan. Kami menyebrang ke pulau khayangan sebelum senja. Sambil menunggu hidangan seafood oleh Resto Balla BuloE, kami duduk santai di tepi pantai menikmati senja yang turun pelan-pelan. Suasana malam yang romantis kurang lengkap tanpa sesuatu yang hangat-hangat. Yeay its time to Sarabba, kami disuguhi sarabba yang masih hangat dan membuat tenggorokan lega. Sarabba saya belum habis, makan malam telah disajikan.

fp1

fp-3

Sebagai pengagum makanan laut, saya mencicipi semua jenis makanan yang dihidangkan mulai dari ikan, cumi-cumi, hingga udang. Suasana yang romantis dengan makanan yang enak adalah perpaduan lengkap seperti malam kali ini. Makan enak jangan lupa hemaviton cardio. Suplemen ini aman dikonsumsi 3 kali dalam sehari, jadi tidak perlu khawatir gaes. Makanan penutup sekaligus penutup seluruh rangkaian acara hari ini adalah pisang epe, wiiiih.

bara

Saya sudah bilang kan, saya sebenarnya lumayan hati-hati juga soal makanan dan kolesterol tinggi. Apalagi beberapa teman dekat sering terkena dampak kolesterol tinggi bahkan sampai dirawat di Rumah Sakit. Namun, saya bersyukur karena meskipun makan makanan berisiko seharian, namun setelah memeriksakan kadar kolesterol saya bersyukur. Kolesterol terdeteksi 125mg/dl yang artinya normal. Saya mengonsumsi Hemaviton cardio dua kali hari ini dan tetap menjaga porsi makan agar tetap aman untuk lambung. Terima kasih untuk foodphilosophy yang seru hari ini. Mengunjungi banyak tempat, makan beragam santapan khas Makassar, bertemu Chef Bara, dan banyak keseruan lainnya.

Iklan

6 pemikiran pada “Catatan dari Foodphilosophy Trip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s