Review Film : Dilarang Masuk! Horor Rasa Komedi

Menonton di Bioskop bukan agenda yang terlalu penting bagi saya. Kecuali, jika film yang diputar adalah film yang telah lama saya tunggu, film yang mengundang kontroversi atau saya harus ikut menonton karena teman ingin mentraktir nonton. Hari itu, 9 Maret 2016 adalah hari Rabu. Saya masuk ke bioskop salah satu Mall di makassar dengan terheran-heran. Loh, kok bioskop rame? Ini bukan akhir pekan, oh iya hari ini libur. Saya menghampiri teman-teman lainnya yang telah menunggu. Saya dan beberapa teman Blogger Makassar hari ini memenuhi undangan untuk nonton bareng film Dilarang Masuk! Bisa jadi, ramainya bioskop hari ini selain karena hari libur, memang beberapa film bagus sedang now showing atau bisa jadi juga karena beberapa pemain dari film Dilarang Masuk! akan ikut menonton film tersebut. Bisa jadi.

Film Dilarang Masuk! merupakan film bergenre horor komedi. Film ini bercerita tentang sekumpulan remaja SMA yang kehilangan teman mereka yang bernama Lisa. Lisa, seorang murid yang pendiam hilang tiba-tiba dan menggegerkan teman-teman dan orangtuanya. Salah seorang teman mereka yakni Adit yang diperankan oleh Maxime Bouttier terakhir merekam Lisa menaiki lantai dua sekolah yang terkenal sepi dan tidak pernah tersentuh oleh penghuni sekolah. Atas rasa prihatin dan penasaran, sekumpulan remaja SMA tersebut akhirnya memutuskan untuk mencari Lisa di lantai dua sekolah. Sebuah tempat yang dipasangi plang DILARANG MASUK!

Pencarian pertama tidak membuahkan hasil. Justru, setelah pencarian tersebut satu persatu dari mereka dihantui kejadian-kejadian aneh. Merasa tersiksa dengan segala kejadian tersebut, mereka memutuskan untuk menyelesaikan misi mencari Lisa. Misi yang membawa mereka kembali ke lantai dua sekolah dan menemukan pengalaman-pengalaman berhadapan dengan hantu dan penunggu-penunggu sekolah. Misi yang juga membuat mereka akhirnya menguak misteri lantai dua sekolah tersebut tidak boleh untuk dikunjungi siapapun.

4284

Saya termasuk seorang yang tidak suka menonton film horor. Saya merasa rugi jika membayar tiket hanya untuk menakuti diri sendiri. Iya, soalnya saya sangat penakut dalam hal melihat hal-hal horor seperti film dengan hantu yang muncul tiba-tiba khususnya. Kadang juga, suara teriakan saya saat menonton lumayan lebay dan membuat malu teman menonton. Jadi, film horor yang saya tonton bisa dihitung jari.

Saya akhirnya memutuskan untuk menonton film horor lagi karena iseng ingin tahu seperti apa film Dilarang Masuk! yang disutradarai oleh Nayato Fio Nuala ini. Pertama kali melihat film ini dengan poster sekumpulan remaja SMA sedang menghadapi pocong saya telah berfikir yang tidak-tidak. Wah, jangan-jangan film ini akan menayangkan sekumpulan cewek-cewek SMA yang berpakaian minim, adegan-adegan tidak senonoh dan lain-lain yang sering film-film horor Indonesia tayangkan, kabar baiknya ternyata tidak. Hanya saja, jika melihat poster film ini, kita mungkin akan bertanya-tanya hantu pocong ini muncul di  adegan mana yah?

Dilarang-Masuk-FINAL

Satu hal yang sedikit mengganggu saat menonton film ini adalah efek music yang sering tiba-tiba membuat jantung terpacu pertanda hantunya akan muncul. Sebagai seorang penakut, setiap musik jreng jreng mulai terdengar, saya refleks menutup muka, ogah melihat penampakan hantu yang keseringan muncul dalam satu adegan. Adegan-adegan yang ditampilkan juga sangat klise, kita dengan gampang bisa menebak saat hantunya akan muncul. Adegan yang membuat saya buru-buru menutup mata. Namun, terlepas dari betapa mengerikannya hantu-hantu yang ditampilkan, kehadiran Jordy Onsu dan Reymond Knuliq  menjadi penyegar bagi saya yang merasa lebih menikmati komedi dalam film ini dibanding sisi horor yang berusaha ditampilkan.

Saya keluar dari studio diiringi cekikikan anak-anak ABG yang baru saja selesai berfoto dengan para pemain. Memang, film ini lebih cocok ditonton oleh remaja-remaja seusia pemain-pemain di film ini. Film ini cocok untuk orang-orang yang ingin merasakan sensasi kaget dengan selingan komedi sana sini. Namun bagi saya, yang baru akan menonton film jika film tersebut direkomendasikan, film ini biasa saja. Film Dilarang Masuk! yang diproduksi oleh Digital Film ini akan ditayangkan di bioskop di seluruh Indonesia mulai 24 Maret 2016 mendatang.

Tinggalkan Balasan

