Tidak Enak, Tidak Usah Bayar!

Kami berlama-lama memandangi menu makanan yang disodorkan. Saya dan teman-teman yang tergabung dalam sebuah kelas menulis, sore itu berencana untuk makan sore bersama. Karena sambil mengobrol, acara memesan makanan berlangsung lumayan lama. Untungnya, kakak yang membawa menu sabar menunggu. Usai memesan makanan kami lanjut membahas banyak hal mulai dari tugas kelas, keadaan masing-masing hingga rencana-rencana untuk tulisan selanjutya. Siang itu, kami menghabiskan waktu di sebuah kafe yang berada di Jl. Urip Sumoharjo tepat di seberang bekas patung Adipura, Artwork Kafe.
Ini bukan kali pertama saya menginjakkan kaki di tempat ini. Meskipun kafe ini baru resmi buka bulan maret 2015, saya tidak pernah mendapati tempat ini sepi oleh pengunjung. Sekali dua kali ke tempat ini masih membuat saya merasa wajar-wajar saja jika ramai. Namun kali ini saking ramainya, saya dan teman-teman harus memakai lantai dua di ruangan yang biasanya digunakan untuk kelas-kelas soft skill berbasis tekhnologi. Risman yang akrab disapa Rizved selaku pemilik artwork kafe yang melihat masing-masing dari kami membuka laptop menyarankan agar kami memakai lantai dua saja. Saya merasa harus bertanya panjang lebar mengapa tempat ini sering ramai. Apa rahasianya.

1453364054624

Suasana Artwork kafe

Artwork kafe bukan sekadar kafe yang menyuguhi pengunjung dengan nikmat makanan dan minuman serta tempat yang cozy. Saya telah lama mendengar tentang kafe ini sebab orang-orang sering membicarakan tentang studio foto di tempat ini. Benar saja, studio foto yang terletak di lantai dua ini memang berbeda dari studio foto kebanyakan. Saat melewati ruangan yang biasa digunakan untuk berfoto saya bergumam kepada teman “duh, jadi pengen foto”. Dan kami saling memberi isyarat mata yang artinya “Baiklah, nanti kita pinjam tempatnya buat selfie, titik”.

1453364067985

Salah satu spot di Studio Foto di Lantai dua

Tidak menunggu lama, pesanan kami datang satu persatu. Saya memesan v60, kopi yang diseduh secara manual. meskipun saya bukan seseorang yang kapabel memberi penilaian terhadap kopi, tapi saya mengakui kopi buatan barista di sini tidak kalah dengan seduhan kopi di kedai kopi lain. Karena kami tidak begitu lama di tempat ini, saya bahkan memasukkan sisa kopi yang masih ingin saya minum ke dalam tumbler yang saya bawa. Tolong jangan ada yang bilang saya norak yah 😀

1453364270949

V60

Satu hal yang paling saya hindari jika mengunjungi sebuah kafe adalah memesan makanan berat. Mengapa? Saya selalu ragu dengan tampilan makanan di sebuah kafe. Rasa yang didapatkan kadang tidak sebanding dengan harga yang harus dibayar. Karena saya lapar namun tidak memesan makanan, saya menyabotase nasi goreng yang dipesan oleh salah satu teman. Dan wow, saya merasa menyesal tidak memesan makanan. Saya merekomendasikan untuk mencoba nasi goreng di tempat ini. Tanpa bermaksud meminta gratisan, saya memuji nasi goreng ini langsung kepada Rizved yang dijawab dengan senyum tipis.
“makanya kami berani menulis di papan dekat kasir bahwa jika makanannya tidak enak, tidak usah bayar”.

1453364115351

Nasi goreng

Sambil menikmati makanan dan minuman yang kami pesan. saya memandangi setiap sudut ruangan ini, luasnya cukup untuk menampung 20 hingga 25 orang. Ruangan ini juga cukup nyaman untuk melakukan aktivitas seperti rapat dan kelas. Satu hal lagi yang membuat saya takjub, ternyata tempat ini bisa di reservasi gratis untuk komunitas yang ingin melakukan rapat di tempat ini. Besoknya, saya langsung menghubungi komunitas saya merekomendasikan untuk rapat di tempat ini saja.
Sedari tadi, selama mengobrol dengan pemilik tempat ini dan memerhatikan baik-baik setiap sudut kafe ini, saya mencari-cari alasan mengapa tempat ini tidak kunjung sepi dari pengunjung. Tempatnya terbilang tidak begitu luas, menu yang disajikan juga hampir sama dengan kafe lain meskipun saya akui makanan di sini lebih enak. Sedikit menyimpulkan, mungkin hal ini disebabkan oleh jiwa muda dari pemilik tempat ini. Di usia yang tergolong muda untuk memiliki sebuah usaha sekelas kafe, Rizved tahu betul kebutuhan anak muda saat ini.

193824

Salah satu sudut yang instagramable untuk befoto

Kafe yang tidak begitu luas didesain semenarik mungkin, dengan sudut-sudut yang instagramble untuk berfoto. Tidak lupa, disediakan sofa untuk kenyamanan pengunjung juga musik yang tidak begitu keras agar pengunjung tetap nyaman untuk mengobrol. Urusan harga makanan juga aman untuk dompet. Belum lagi, jika terdaftar sebagai member di tempat ini, banyak kemudahan yang bisa didapatkan termasuk diskon untu makanan dan minuman, bahkan bisa gratis foto di studio foto di lantai dua. Keren kaaaan?

Tinggalkan Balasan

