Kamu suka baca? Kunjungi 5 tempat keren ini yuk.

Berkunjung ke sebuah tempat yang penuh dengan ragam buku terpajang di dinding mungkin menjadi satu hal yang menyenangkan bagi orang-orang yang hobi membaca. Selain ragam buku yang disediakan, beberapa hal seperti tempat yang nyaman, suasana tempat, dan fasilitas yang disediakan menjadi beberapa pertimbangan seseorang untuk berkunjung. Di Makassar, selain perpustakaan yang hanya buka di hari tertentu, bagi kamu yang suka baca bisa mengunjungi 5 tempat keren berikut.

  1. Kata Kerja

Bagi kamu yang belum tahu tempat ini mungkin akan merasa sedikit aneh dengan nama yang digunakan oleh rumah baca ini. Ya, Kata Kerja adalah rumah baca yang terletak di BTN Wesabbe C/64 Makassar. Nama ini diambil dari cerpen Aan Mansyur, Kukila. Selain rumah baca, Kata Kerja juga membuka kelas kreatif, klub buku dan film yang terbuka untuk siapa saja yang tertarik bergabung. Jadi, jangan heran jika kamu berkunjung ke tempat ini dan menemukan beragam aktivitas seperti membaca buku, menonton film, diskusi, atau mengerjakan kerajinan tangan. Untuk informasi seputar aktivitas di kata kerja bisa kamu intip di @katakerja65.

CQL8iMoUEAARPD4

sumber : @katakerja65

  1. Kedai Buku Jenny

Selain sebagai kedai buku, di tempat ini juga kamu bisa menemukan banyak hal tentang musik indie. Konsep taman baca dengan desain yang unik dan ragam event yang sering berlangsung di Kedai Buku Jenny menjadikan tempat ini menjadi salah satu pilihan yang tepat. Selain sebagai tempat membaca dan berdiskusi, kedai buku ini juga memiliki beberapa program kreatif seperti Sajakkan Saja, Ruang Melamun, KBJamming, dan banyak lagi yang terbuka untuk siapa saja yang tentunya tertarik bergabung. Untuk kamu yang tertarik, bisa intip aktivitas mereka di @KedaiBukuJenny atau langsung datang ke Kedai Buku Jenny di jl. Wesabbe.

kedai-buku-jenny-3-640x337

sumber : gosulsel.com

  1. Kampung Buku

Bagi saya, Kampung Buku merupakan salah satu tempat yang memudahkan saya untuk menemukan referensi tentang bacaan Bugis-Makassar. Kampung Buku terletak di Jl. Abdullah daeng Sirua 192 E, BTN CV Dewi. Tidak akan sulit untuk menemukan tempat ini, sebab buku-buku koleksi Kampung Buku ini tersusun rapi di halaman depan rumah pemilik tempat ini. Selain sebagai perpustakaan dan toko buku, tempat ini juga sering menyelenggarakan kegiatan seperti kelas menulis, kelas merajut, kelas penelitian dan nonton bareng di layar tancap. Aktivitas Kampung Buku juga bisa kamu lihat di @kampung_buku dan http://perkampunganbuku.blogspot.co.id/.

kampungbuku-2.jpg

sumber : tanahindie.org

  1. Rumah Baca Philosophia

Hati-hati jika kamu berkunjung ke tempat ini karena mungkin kamu akan lupa waktu. Ya, Rumah Baca Philosophia menyusun buku dengan rak yang rapat dan ditumpuk ke dinding memenuhi ruang tamu yang merupakan ruang baca di Rumah Baca Philosphia. Jika, tempat ini sedang sepi maka kamu akan merasa sedang membaca di rumah. Selain sebagai rumah baca, Philosophia juga memiliki ragam kegiatan seperti pelatihan, seminar dan diskusi publik, lengkap bukan? Kalau tak percaya silahkan langsung berkunjung ke Rumah Baca Philosophia diΒ Toddopuli XI No.04. Belakangan, buku-buku philosphia juga bisa ditemukan di CafΓ© Dialektika di jl. Wesabbe.

IMG20160105205240.jpg

5. Ruang Kreatif (Rutif)

Buku, musik, dan film adalah tiga hal yang akan kamu temukan ketika berkunjung ke Rutif di Jl.Dg.Tata PermataMutiara No.7. Selain beragam buku, ruang kreatif ini juga memiliki kelas-kelas untuk musik dan film, lengkap. Ruang kreatif ini juga bisa digunakan komunitas untuk melakukan pertemuan atau kelas yang dapat menampung 25 pengunjung. Hingga kini, pemilik Rutif terus melakukan penambahan buku dan pelengkapan fasilitas untuk para penikmat buku, musik, dan film. Satu hal lagi yang menarik dari tempat ini adalah, lokasi Rutif yang berada di lantai dua ruko sedangkan lantai satu dari ruko tersebut merupakan coffeeshop yang juga menyediakan beragam jenis makanan.

images

sumber : @okkywahyudi

 

Ruang publik yang berkonsep perpustakaan umum tersebut bisa kamu temukan di Makassar. Sebagian besar ruang baca tersebut dikelola oleh komunitas yang tidak hanya menyediakan buku untuk dibaca namun juga membuka kelas-kelas kreatif untuk mengisi waktu luang secara lebih bermanfaat. Kegiatan positif seperti ini juga bisa kamu gunakan untuk mengisi waktu kosong di akhir pekan. Ruang-ruang baca tersebut jadi wadah anak muda di Makassar untuk bertemu, berkumpul dan saling sharing ide. Jadi, mau ke mana kita akhir pekan ini?

Β 

 

 

Iklan

3 pemikiran pada “Kamu suka baca? Kunjungi 5 tempat keren ini yuk.

  1. waahhhhh makassar keren tawwa ada ternyata tempat begininyaaa
    jadi tidak sekedar nongkrong kosong
    mau dong diajak jalan2 review juga ke daerah wassabbe
    sejak slsai kuliah di unhas sy ndak pernah mi menjejakkan kaki kesana haha

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s