Selamat Hari Blogger Nasional

Mobil memasuki kawasan jalanan yang mulai bergelombang. Saya yang awalnya tertidur dengan kaca jendela terbuka segera terbangun. Bagaimana tidak, jalan yang bergelombang dan angin kencang khas pantai mulai terasa. Saya juga tak mau melewatkan pemandangan sekitar yang tidak mungkin ditemui di Kota. Rumah panggung pedesaan dan tanaman kering khas pantai menemani kami sepanjang perjalanan. Hingga kanan jalan mulai terlihat pantai tanda tempat tujuan telah dekat. Satu hal yang sangat sukai dari perjalanan ini adalah penduduk yang sangat ramah. Sepanjang jalan, anak-anak ramai menyapa bus yang kami tumpangi. Saya disibukkan dengan jumpa pers dadakan menyapa kanan kiri anak-anak sepanjang jalan. mobil merapat, kami telah tiba. Senja dan tulisan SELAMAT DATANG DI PPLH PUNTONDO menyambut kami.

Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Puntondo menurut saya adalah pilihan tempat yang tepat untuk kegiatan Blogger Camp Indonesia 2015 di Makassar. Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Hari Blogger Nasional ini dihadiri oleh 53 peserta. Peserta tidak hanya berasal dari Makassar, namun juga dihadiri oleh teman-teman Blogger dari luar daerah seperti  Blogger Sinjai dan Blogger Maros juga dari berbagai kalangan seperti Blogger Kompasiana, Kelas Menulis Kepo, Pajappa dan Makassar Berkebun. Kegiatan ini juga didukung oleh berbagai sponsor dan pendukung acara.

Suasana PPLH Puntondo

Tiba di PPLH Puntondo, kami disambut suasana sejuk dan pemandangan sekitar yang indah. Selain sambutan alam yang manis, kami juga disambut oleh pihak PPLH Puntondo yang menjelaskan tentang PPLH dan aturan dalam berkegiatan di tempat ini. harus saya akui, PPLH Puntondo merupakan tempat yang cocok untuk berlibur dan berkegiatan. Sarana dan suasana yang mendukung menjadikan tempat ini seketika menarik perhatian saya dengan teramat. Meskipun saya akui, budgeting untuk menyelenggarakan kegiatan ini lumayan tinggi. Tapi, tentu saja hal itu sebanding dengan fasilitas yang didapatkan selama di lokasi.

Kegiatan malam itu dilanjut dengan sharing tentang ngeblog. Sharing tersebut dipandu oleh Daeng Ipul, blogger favorit saya di Makassar. Beberapa teman blogger bercerita pengalaman mereka dalam hal mengelola blog. Kak Didut yang merupakan blogger senior menjadi pemateri diskusi dan sharing tentang blog yang tentu saja berhasil menarik perhatian para peserta, kegiatan dilanjut dengan sharing tentang photoblogging yang dibawakan oleh kak Iqbal Lubis, saya akui pembawaan materi yang santai dan  ringan membuat peserta masih mempertahankan fokus meskipun jam sudah menunjukkan waktu tidur bagi sebagian orang. Dari sharing tersebut, saya menemukan banyak motivasi untuk terus menulis dan tentunya melirik blog yang masih sangat banyak kekurangan.

Peserta Blogger Camp Indonesia 2015

Peserta Blogger Camp Indonesia 2015

Esok harinya, peserta disuguhkan sarapan oleh pihak PPLH Puntondo. Setelah sarapan, kak Na’ sebagai penanggungjawab outbond pagi ini mengajak peserta untuk bermain sebelum menerima materi. Peserta dibagi kedalam beberapa kelompok. permainan dikemas dalam race competition, di mana masing-masing peserta yg telah di kelompokkan ke dalam 4 tim harus menyelesaikan setiap permainan untuk dapat melanjutkan ke permainan berikutnya. Ada empat jenis permainan dalam outbond tersebut. Peserta akhirnya harus rela basah dan kotor selama bermain. Tak ada yang protes, semua tertawa semua menang 😀

Selfie sebelum outbond dimulai

Materi dilanjut dengan sharing tentang digital marketing dan membangun jaringan di dunia digital. Materi dibawakan oleh ketua komunitas Anging Mammiri (Blogger) Makassar. materi ini dilanjut dengan live blogging yang membuat peserta akhirnya lebih memilih berlama-lama di depan laptop dibanding beranjak untuk makan siang. Selanjutnya, kegiatan ini ditutup dengan pengumuman pemenang beberapa lomba di media sosial dan hadiah untuk lomba outbond pagi tadi.

Meskipun saya tidak sempat mengikuti live blogging, saya cukup antusias melihat teman-teman blogger yang memburu waktu dan harus menunda makan siang demi menyelesaikan tulisan hasil laporan kegiatan Blogger Camp Indonesia 2015. Saya senang melihat antusias teman-teman peserta. Melihat bahkan sebagian dari mereka menyelesaikan tulisan menggunakan handphone. Pukul 14.00 wita, para peserta siap-siap untuk pulang. Dua hari yang singkat bukan menjadi penghalang keakraban para peserta. Selfie ramai-ramai sebelum pulang jadi agenda yang tak kalah penting. Banyak cerita yang akhirnya teman-teman bisa bawa pulang, eh hadiah juga. Terima kasih ilmunya 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s